+62-812-87971-665
·
[email protected]
·
Senin-Jum'at 09:00-17:00
Konsultasi
+62-812-87971-665
·
[email protected]
·
Senin-Jum'at 09:00-17:00
Konsultasi
Law

Hukum Publik Adalah Hukum Mengatur Warga dan Negara

Hukum publik adalah deretan aturan yang mengatur interaksi antara warga dan negara serta berhubungan dengan kepentingan umum. Hukum tersebut memiliki ciri-ciri yang khusus, sehingga bisa dibedakan dari hukum privat. Hukum publik sendiri akan dibagi menjadi beberapa kelompok, seperti hukum administrasi negara, hukum pidana, hukum internasional publik, dan hukum tata negara.

Penjabaran dari masing-masing hukum publik tersebut bisa kamu lihat di sini. Artikel ini sangat tepat bagi kamu yang ingin memahami dengan lebih jelas tentang hukum publik yang berlaku di negara Indonesia.

Ciri-Ciri Hukum Publik

Hukum publik sudah pasti berbeda dari hukum privat. Hukum ini sifatnya luas dan mengatur hubungan individu dengan masyarakat dan bahkan negara. Seluruh karakteristik dari hukum ini bisa dilihat berikut.

  1. Suatu negara akan bertindak berdasarkan pada kepentingan bersama.
  2. Pada umumnya secara hirarki, hukum ini diatur oleh penguasa.
  3. Berhubungan dengan negara maupun masyarakat.
  4. Ada banyak unsur politik di dalamnya.

Beberapa Jenis dari Hukum Publik

Hukum publik adalah dibagi menjadi macam-macam yakni hukum administrasi negara, hukum pidana, hukum internasional publik, dan hukum tata negara. Setiap hukum tersebut akan dijelaskan sebagai berikut.

Hukum Tata Negara

Mengatur tentang susunan suatu negara maupun susunannya dan juga hubungan kekuasan setiap alat kelengkapan negara serta hubungannya dengan pemerintah pusat dengan daerah. Seluruh lembaga negara juga turut masuk dalam tatanan negara ini.

Hukum Administrasi Negara

Indonesia sebagai negara yang menerapkan hukum juga memiliki hukum administrasi negara. Hukum tersebut berguna untuk mengatur tata cara dalam menjalankan tugas sebagai alat perlengkapan negara. Terdapat hak dan kewajiban dari steiap alat kelengkapan negara.

Hukum Pidana

Hukum publik lainnya adalah hukum pidana. Hukum ini mengatur tentang perbuatan yang dianggap terlaran dan memberikan sanksi pidana bagi orang yang melanggarnya. Bagi para pelanggarnya bisa diajukan perkara ke bagian pengadilan. Hanya saja ada sebagian ahli hukum yang berpendapat bahwa hukum pidana tidak masuk dalam hukum publik dan para ahli tersebut adalah Paul Schlten dan Logemann.

Hukum Internasional Publik

Hukum perdata internasional merupakan hukum yang mengatur interaksi hukum antar warga dari suatu bangsa dengan warga negara dari negara lainnya. Bisa dikatakan ini mirip dengan hubungan internasional. Sedangkan hukum publik internasional melakukan pengaturan terhadap hubungan antar negara yang satu dengan negara lainnya dalam menjalin hubungan internasional.

Related Posts

Leave a Reply