+62-812-87971-665
·
[email protected]
·
Senin-Jum'at 09:00-17:00
Konsultasi
+62-812-87971-665
·
[email protected]
·
Senin-Jum'at 09:00-17:00
Konsultasi

Makalah pelayanan publik yang bisa dijadikan contoh

Kamu yang sedang membuat tugas kewarganegaraan maupun hukum, adakalanya akan membahas tentang pelayanan publik. Apabila kamu mendapatkan tugas bertopik tersebut dapat melihat contoh makalah pelayanan publik yang ada dalam artikel ini.

Latar belakang Makalah Pelayanan Publik

Pelayanan publik merupakan macam-macam kegiatan yang dilaksanakan untuk memenuhi kebutuhan dasar setiap warga negara atas suatu barang, Pelayanan administrasi, atau jasa. Penyelenggara dari suatu layanan publik dilakukan oleh pihak tertentu, misalkan saja pemerintah daerah maupun badan usaha milik daerah yang berkaitan dengan pemberian pelayanan publik. Dalam konteks ini masyarakat dianggap sebagai pelanggan dari suatu pelayanan publik sehingga memiliki pengharapan atas kinerja yang profesional. 

Salah satu cara yang bisa dipakai untuk meningkatkan kualitas dari layanan publik tertuang di dalam undang-undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2000 yang membahas tentang program pembangunan nasional. Hanya saja memang kenyataannya dalam proses pelaksanaan pelayanan publik Masih ditemukan banyak sekali kekurangan dan tidak mencapai apa yang menjadi harapan masyarakat.

Perumusan Masalah

Bagaimanakah kinerja yang harus diberikan oleh pelayanan di bagian kabupaten terlebih lagi menilai adanya perbedaan keluhan masyarakat dan juga dinas setempat?

Manfaat Penelitian

Manfaat penelitian dilihat dari beberapa sisi, seperti untuk peneliti, pihak lain, dan pemerintah.  Untuk peneliti bisa berguna untuk dalam rangka menambah ilmu pengetahuan maupun pengalaman yang ada hubungannya dengan pemberian pelayanan pemerintah daerah. Kemudian manfaat untuk pihak lain adalah dapat digunakan sebagai acuan literasi dari penelitian lainnya. Sedangkan bagi pemerintahan penelitian ini dapat dipakai untuk meningkatkan kinerja pelayanan terhadap masyarakat.

Uraian Teoritis Pelayanan Publik

Setiap instansi pemerintahan memiliki fungsi masing-masing meskipun memiliki satu tujuan. Setiap instansi berusaha keras untuk mencapai target dari apa yang menjadi tujuannya. Terlebih lagi pelayanan tersebut terasa sangat penting untuk masyarakat dan ini akan berkaitan dengan kepercayaan mereka terhadap pemerintah. Ini sudah diatur dalam undang-undang nomor 25 tahun 2009 yang berhubungan dengan pelayanan publik didasarkan atas definisi dari pelayanan publik yang intinya berupa serangkaian kegiatan yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan pelayanan yang semuanya diatur dengan perundang-undangan kepada setiap warga negara maupun penduduk yang mana berkaitan dengan barang atau jasa maupun pelayanan administrasi. Tentunya pelayanan administrasi yang dimaksudkan adalah yang diberikan oleh pelayanan publik.

Fungsi Pelayanan Publik

Pelayanan publik memang akan melibatkan pemerintah dalam proses penyelenggaraan nya dan fungsi dari pelayanan publik ini memunculkan ada banyak pandangan dari filsafat negara. Katakanlah menurut Prawirohardjo yang pernah menyatakan tentang pelaksanaan cita-cita negara kesejahteraan dan itu menjadi sebuah pertanda bahwa pemerintah perlu berjalan semakin intensif untuk terus campur tangan melakukan berbagai macam interaksi terhadap masyarakat dengan tujuan agar setiap masyarakat bisa terjamin kehidupannya. Kehidupan yang dimaksud adalah hajat hidup minimalnya sehingga di sini fungsi awal dari pemerintah yang bersifat represif menjadi fungsi melayani.

Related Posts

Leave a Reply